Anda Akan Dipenjara Jika Menanam dan Mengonsumsi Kangkung di Amerika Serikat

October 9, 2017

Sayur kangkung, rasanya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena sayur ini sering dijadikan hidangan favorit, terlebih bila ditumis. Namun jangan sekali-kali menanam atau mengonsumsi sayur ini di Amerika Serikat ya.

Bagi sebagian negara-negara di Asia, terutama wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur, kangkung merupakan jenis tanaman yang sangat populer dan memiliki banyak sekali penggemar. Selain karena rasanya yang nikmat, kangkung juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Tapi ternyata hal ini tidak berlaku di Amerika. Di negara tersebut tanaman kangkung termasuk kedalam kategori tanaman ilegal dan jika ditemukan aparat terkait berhak untuk memusnahkannya.

Lantas kenapa tanaman kangkung dilarang di Amerika? Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline. Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen (sebutan senyawa psikoaktif yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual) dan diklasifikasikan sebagai halusinogen.

Benih dari kangkung kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar. LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlabih dahulu.


Foto diambil dari akun instagram @lira_patmoko


Disadur oleh Tim GeoEnsiklopedia dari
:
1. Bee Inspired. 2013. Ternyata Kangkung Adalah Tanaman Ilegal Di Amerika. http://tobeeinspired.blogspot.co.id


Cintai Mahakarya Nusantara
#geonusantara
#geoensiklopedia
#GEO0232UBER

Perang Perayaan Musim Panen Sumba

Demi Emas di Papua, CIA Gulingkan Soekarno dan Kennedy

Kenapa Semua Fotografer Harus Mempunyai Lensa 50 mm