Perang Pasola merupakan sebuah ritual adat yang selalu diadakan setiap tahunnya di Indonesia Timur, tepatnya di Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tradisi ini diadakan setiap bulan Februari atau Maret, namun tanggal pastinya yang akan menentukan ialah seorang Rato (tokoh adat). Pasola diadakan dalam rangka merayakan musim panen serta memohon pengampunan.

Sebelum pelaksanaan ritual Pasola, masyarakat Sumba Barat melakukan tradisi nyale terlebih dahulu. Pada tradisi ini, masyarakat memancing cacing laut di tepi pantai. Tradisi ini dilakukan saat bulan purnama berlangsung. Tanpa mendapatkan nyale, Pasola tidak dapat diberlangsungkan.

Pasola diadakan di tanah lapang yang sangat luas. Perang antar suku ini biasanya melibatkan lima puluh sampai seratus peserta. Masing-masing peserta menunggang kuda sambil membawa tombak bambu berukuran 1,5 m.

Tombak bambu yang digunakan memang tidak tajam, namun tetap saja bisa menyebabkan korban jiwa. Mereka akan beradu diatas kuda yang dipacu kencang sambil mengayunkan tombak masing-masing hingga lawan terjatuh.
________________
Foto diambil dari akun Instagram @donnylouis.photography
________________
Disadur oleh Tim GeoEnsiklopedia dari :
1. http://phinemo.com
________________
Cintai Mahakarya Nusantara
#geonusantara
#geoensiklopedia
#geo0294uber