Kekaisaran Mongol bisa dibilang sebagai kerajaan terkuat dengan wilayah taklukkan terluas di dunia yang mencakup Tiongkok, India, Persia, sebagian Rusia, dan Eropa Timur. Bahkan Indonesia pun tak luput menjadi sasaran Kekaisaran Mongol untuk ditaklukkan.

Invasi ini bermula dari penolakan Raja Singhasari Kertanagara untuk tunduk kepada Mongol, kemudian Kertanagara mengecap wajah utusan Mongol dengan besi panas seperti yang biasa dilakukan terhadap pencuri, memotong telinga, dan mengusirnya secara kasar. Hal ini membuat Kaisar Kublai Khan naik pitam.

Kemudian pada tahun 1293, Kaisar Agung Kublai Khan dan Pendiri Dinasti Yuan mengirim invasi besar ke Pulau Jawadwipa dengan 20.000 hingga 30.000 pasukan tentara. Sesampainya di Pelabuhan Tuban, pasukan Mongol bersekutu dengan Raden Wijaya untuk menyerang Jayakatwang (Raja Singhasari) dengan iming-iming ia akan tunduk kepada Mongol.

Setelah Jayakatwang berhasil dikalahkan, Raden Wijaya kembali ke Majapahit dengan alih-alih menyiapkan pembayaran upeti dan mempersilahkan pasukan Mongol merayakan kemenangannya. Namun ternyata Raden Wijaya dengan cepat memobilisasi pasukannya untuk menumpas pasukan Mongol secara tiba-tiba. Alhasil, pasukan Mongol banyak yang terbunuh dan beberapa kembali ke negerinya. Saat itu pula Kerajaan Majapahit didirikan.


Foto diambil dari akun instagram @bilnaazr


Disadur oleh Tim GeoEnsiklopedia dari
:
1. Wikipedia. 2017. Serbuan Yuan-Mongol ke Jawa. http://id.wikipedia.org


Cintai Mahakarya Nusantara
#geonusantara
#geoensiklopedia
#GEO0234UBER