Putri Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau Gusti Nurul kembali menjadi perbincangan heboh di media sosial (medsos). Ya, Putri Keraton Solo yang pernah diperebutkan benerapa pahlawan itu dianggap mirip dengan Almarhumah Julia Perez atau Jupe.

Gusti Nurul lahir di Surakarta, pada tahun 1921. Dia adalah putri tunggal dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII dari permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu Timoer. Ayah Gusti Nurul adalah seorang ningrat dari Solo yang beristrikan putri dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Ibu Gusti Nurul adalah puteri ke-12 Sultan Hamengku Buwono VII dari permaisuri ketiga, GKR Kencono.

Gusti Nurul terkenal memiliki paras yang cantik. Karena kecantikannya, Gusti Nurul menjadi primadona di Kota Solo dan didambakan para tokoh negara. Salah satunya adalah Presiden ke-1 Republik Indonesia, Ir. Soekarno, namun beliau tak berhasil meluluhkan hati Gusti Nurul untuk menjadi kekasihnya.

Tokoh lain yang berusaha mendapatkan Gusti Nurul adalah Sutan Sjahrir dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, namun Putri bangsawan ini memutuskan untuk menerima pinangan seorang militer berpangkat letnan kolonel bernama RM Soerjo Soejarso.


Foto diambil dari news.detik.com


Disadur oleh Tim GeoEnsiklopedia dari
:
1. Wikipedia. 2016. Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani. http://id.wikipedia.org
2 Ridwan. 2016. Inilah Sosok Gusti Nurul yang Diperebutkan 4 Pahlawan, Benarkah Mirip Julia Perez?. Pojok Satu: http://pojoksatu.id


Cintai Mahakarya Nusantara
#geonusantara
#geoensiklopedia
#GEOPONTIANAK246UBER