Fakta Menakjubkan Koes Bersaudara/Koes Plus

January 8, 2018

Koes Plus, mendengar nama band ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pelantun lagu kolam susu ini memiliki banyak fakta menarik yang mengiringi perjalanannya selama berpuluh-puluh tahun.

  1. Beranggotakan anak-anak Keluarga R. Koeswoyo, seorang bangsawan yang berdomisili di Kelurahan Sendangharjo, Kabupaten Tuban.
  2. Awalnya membuat grup musik (1965) bernama Koes Bersaudara, kemudian salah satu personel bernama Koesnomo keluar dan diganti oleh Murry (bukan dari keluarga Koeswoyo), kemudian merubah nama menjadi Koes Plus.
  3. Merupakan anak keturunan ke-8 dari Sunan Kalijaga melalui puteranya Sunan Muria.
  4. Koes Plus memiliki 100 buah album dan telah menciptakan 923 lagu, sehingga didapuk sebagai grup musik dengan lagu terbanyak.
  5. Pernah dipenjara selama 3 bulan pada masa kepemimpinan Bung Karno karena membawakan lagu bernuansa Barat. Namun itu sebagai strategi politik alias “kongkalikong” Bung Karno dan Koes Bersaudara untuk memata-matai Malaysia.
  6. Lagu-lagunya mencakup multigenre, baik pop, rock, jawa, melayu, dan keroncong.
  7. Koes Plus memiliki pantangan untuk menyanyikan lagu grup musik dalam negeri. Namun pernah dilanggar 1 kali dengan menyanyikan lagu Noah.
  8. Setiap lagu-lagu yang diciptakan mempunyai nilai filosofis yang dalam dan memiliki lebih dari satu penafsiran.

Foto diambil dari http://budaya-pop.blogspot.co.id


Disadur oleh Tim GeoEnsiklopedia dari :
1. Wikipedia Bebas Berbahasa Indonesia. 2018. Koes Plus. http://id.wikipedia.org
2 Penjelasan Koesroyo Koeswoyo bersama Emha Ainun Nadjib pada pengajian “Sinau Bareng Cak Nun dan Koes Plus” dalam Peringatan HUT Kabupaten Tuban ke-722.
3 Grid.ID. 2018. Yon Koeswoyo Meninggal, Koes Plus Ternyata Pernah Terlibat Misi Rahasia Soekarno dan Soeharto!. http://grid.id


Cintai Mahakarya Nusantara
#geonusantara
#geoensiklopedia
#GEO0259UBER
#GEOMEMORIAMYONKOESWOYO

Perang Perayaan Musim Panen Sumba

Demi Emas di Papua, CIA Gulingkan Soekarno dan Kennedy

Kenapa Semua Fotografer Harus Mempunyai Lensa 50 mm